Ulasan Mobil Toyota Land Cruiser

Ulasan Mobil kali ini akan membahas mobil berjenis SUV yang terkenal tangguh di segala medan, Toyota Land Cruiser. Keturunan langsung Toyota FJ40 ata yang biasa dikenal Hardtop ini adalah SUV yangtangguh di segala medan dan sudah diakui oleh masyarakat dunia akan ketangguhannya. Selain dikenal tangguh dan nyaman Toyota Land Cruiser juga dikenal memiliki kabin yang luas serta nyaman. Hal ini merupakan dampak dari sasis dan garden yang rigid yang tetap dipertahankan  dari Toyota FJ40. Bantingan suspensinya yang empuk merupakan dampak dari penggunaan per keong dengan wheelbase yang panjang pada ke-empat kakinya.
Toyota Land Cruiser hadir di Indonesia pada kurun waktu tahun 1995 – 2001 dengan 2 varian, yaitu standard an VX Turbo bertransmisi manual. Varian standar menggunakan mesin diesel 4.200 cc 6 silinder N/A. Sedang VX turbo mengunakan kapasitas mesin yang sama hanya saja sudah dijejali perangkat turbodiesel sebagai penambah daya. Lalu keluar Toyota Land Cruiser VX-R bertransmisi otomatis yang sudah dilengkapi ABS serta Airbag. System 4WD semua vaian Land Cruiser dikenal sangat tangguh dengan transfer case low gear yang pengoperasiannya cukup lewat shifter. Sedangkan aktifasi 4WD menggunakan system hidraulik dengan cara menekan tombol yang ada di dashboard.
Varian standar juga banyak beredar, namun lebih sering digunakan sebagai mobil pertambangan atapun perkebunan. Hal ini karena gardan belakang yang lebih kuat dengan teknologi full-floater seperti yang dipakai gardan depan mobil 4WD. Pada gardan jenis ini, kerja as roda hanya memutar roda tanpa harus menopang bobot seperti gardan semi-floating. Gardan depan Toyota Land Criser standar sudah dilengkapi free-locking hubs seperti pada varian VX dan VX-R yang berfungsi untuk melepaskan garden depan saat mode 2WD. Sehingga seal case tidak cepat aus serta konsumsi BBM yang lebih irit.
Namun model dari varian Toyota Land Cruiser yang paling favorit merupakan varian VX turbo yang sanggup melecutkan tenaga hingga 165 hp. Walaupn bodinya terbilang bongsor, namun layout kabin dengan lingkar kemudi yang tergolong besar membuatnya lincah meliak – liuk di jalan kecil. Posisi mengemudi yang tinggi juga memberikan pandangan yang luas serta nyaman. Kemampuan dari Toyota Lnd Cruiser VX bermain lumpur serta pasir sangat meyakinkan dengan teknologi LSD (limited slip differential) pada garden belakang yang berfungsi mengurangi tergelincirnya roda akibat jalan yang licin. Namun bukan tanpa kekrangan, varian yang stu ini mempunyai jarak overhang antara ban belakang dengan bumper belakang yang terlalu panjang. Hal ini menjadikannya sat kekurangan yang dimilki Land Cruiser VX apabila diajak ber-off road pada medan yang sangat terjal hingga sering mentok bila melewati rintangan. Namun terlepasdari kekurangan itu Toyota Land Cruiser memang terbukti merupakan SUV yang sangat tangguh. Demikianlah Ulasan Mobil penerus generasi FJ40, semoga dapat bermanfaat bagi pembaca.    

1 komentar: