Ulasan Mobil : Mobil Sport Legendaris, Mitsubishi Evolution Series

Bagi pecinta dunia mobil terutama mobil – mobil kencang tentunya tidak asing lagi dengan nama mobil sport yang satu ini. Sportcar buatan Mitsubishi ini memang terkenal dengan modelnya yang sporty dan performanya yang gahar, siapa lagi kalau bukan Mitsubishi Evolution. Mobil yang mengambil basis dari Mitsubishi Lancer tersebut sangat digemari pecinta sportcar di dunia. Nah, Ulasan Mobil kali ini akan membahas tentang mobil yang pernah berjaya di ajang WRC tersebut.
Pada tahun 1992 merupakan awal munculnya generasi pertama dari Lancer Evolution yang lebih populer disebut EVO. Basis mobil lancer versi 1991 dimodifikasi hingga memilki tampilan yang sporty dan berperforma tinggi. Mobil berpenggerak 4WD ini mengusung mesin 4 inline 2000cc Turbo yang menghasilkan 244hp. Pada tahun 1994 Mitsubishi melakukan
penyempurnaan dengan menghadirkan Mitsubishi EVO II yang sanggup mengeluarkan tenaga 252hp. Hanya berselang satu tahun Mitsubishi kembali menghadirkan generasi III Mitsubishi EVO dengan perubahan pada desain bumper dan grill depan. Tenaga 270hp tersimpan pada mesinnya. Di tahun 1996 Mitsubishi EVO IV hadir dengan tampilan yang benar – benar sporty. desainnya terlihat sangat gahar dengan mesin yang sanggup menyemburkan output 276hp.
Pada generasi EVO V, Mitsubishi tidak lagi memakai basis lancer versi 1991. Terlihat dari lampu depan yang berbeda dari sebelumnya. mobil yang keluar di tahun 1998 tersebut memilki tenaga yang sama dengan generasi sebelumnya namun memilki torsi yang lebih besar. Masuk ke awal tahun 1999 Mitsubishi menghadirkan Evoliton VI dengan perbaikan di sektor aerodinamika. Performa mesin yang diusungnya masih sama yaitu dengan tenaga maksimal 276hp.
Kwartal pertama tahun 2001 Mitsubishi mengenalkan generasi Evolution yang kembali menggunakan basis Lancer yang berbeda. EVO VII tersebut merupakan generasi pertama yang tersedia dalam versi transmisi otomatis. Mesinnya sanggup memuntahkan daya sebesar 280hp. Generasi EVO VIII hadir pada tahun 2003. Perubahan mencolok terlihat pada grill depan yang mencirikan pabrikan tiga berlian asal jepang. Tenaganya masih sama dengan generasi sebelumnya. Generasi terakhir dari basis Mitsubishi Lancer versi 2000-an hadir di tahun 2005. Grill sportcar yang bernama Evolution IX tersebut tidak lagi mencirikan pabrikan Mitsubushi. Perbaikan pada turbocharger menjadikan mobil ini memilki tenaga hingga 287hp. Jika dilihat secara kasat mata model Mitsubishi EVO dari generasi VII – IX tiak mengalami perubahan desain yang mencolok.
Akhirnya generasi dengan model yang jauh berbeda dengan generasi – generasi sebelumnya muncul di tahun 2007 tepatnya bulan oktober. Mobil ini menggunakan sistem penggerak empat roda terbaru hasil pengembangan Mitsubishi yang bernama S-AWC. Mobil sport tersebut memiliki tenaga yang berrkisar antara 280hp untuk versi JDM (Japan Domestic Market) hingga 360hp untuk versi Inggris. Generasi EVO X masih bertahan hingga artikel Ulasan Mobil ini ditulis. Di kabarkan generasi terbaru mobil yang bersaing ketat dengan Subaru Impreza WRX tersebut sedang dikembangkan. Dari semua generasi EVO yang pernah dibuat, mencerminkan bahwa mobil sport ini memang memiliki performa yang tinggi.

1 komentar: