Berita Suzuki : Suzuki Siapkan Penantang Xenia Avanza

Dunia otomotif di Indonesia sedang dihebohkan oleh munculnya generasi terbaru dua mobil terlaris di tanah air. Siapa lagi kalau bukan Daihatsu Xenia dan Toyota Avanza. Hal ini membuat pihak Suzuki tidak tinggal diam. Dari kabar yang berhembus, Suzuki secara diam – diam telah merencanakan akan mengeluarkan varian terbaru guna melawan dominasi mobil kembar tersebut. Berita Suzuki tersebut diharapkan menjadi kenyataan bukan hanya isapan jempol.
    Yoshiji Terada selaku Presiden Direktur PT Suzuki Indomobil Motor mengatakan bahwa sedikitnya100
juta dolar untuk mengembangkan varian ini. Namun rencana ini masih belum pasti karena perencanaannya masih dilaksanakan di Jepang dan belum memperoleh keputusan final. Jika nantinya rencana ini terealisasikan maka pihak Suzuki akan menambah kapasitas produksi pabriknya yang terletak di Tambun, Bekasi. Jadi yang tadinya hanya 100 ribu unit per tahun ditingkatkan menjadi 200 ribu unit per tahun atau dua kali lipatnnya.
    Jika di ingat lagi Suzuki sudah mempunyai varian penantang Xenia Avanza yaitu Suzuki APV. Namun varian ini belum bisa menyaingi angka penjualan Xenia Avanza. Desainnya yang cenderung mengotak serta penempatan dapur pacu yang masih di tengah mungkin menjadi kendala yang menyebabkan Suzuki APV sulit bersaing dengan kedua mobil kembar tersebut. Menurut kabar yang beredar model ini akan menggunakan platform dari mobil konsep Suzuki yaitu Suzuki R3.
Dari foto – foto yang beredar di internet mobil yang akan di keluarkan Suzuki ini berbasis MPV sama seperti Toyota Kijang Innova bahkan cenderung mirip. Dengan bonnet yang panjang tidak seperti Suzuki APV dpastikan mesin akan berada di depan sama sepeti Xenia Avanza. Modelnya tidak kaku dengan model kapsul dan lampu depan yang besar dipadu dua air dam besar di bawahnya. Di dalam kap panjangnya kemungkinan akan dibenamkan mesin bensin R3 yang rencananya akan diproduksi di India. Mesin bensin berkode K14 yang memiliki kapasitas 1400 cc dengan output tenaga mencapai 95 dk akan menjadi jantung mobil terbaru Suzuki tersebut untuk menghentikan dominasi Xenia Avanza. Adanya kabar Berita Suzuki ini menjadikan persaingan industri otomotif di Indonesia khususnya kelas family car semakin panas.

1 komentar:

  1. Memang manstap suzuki itu dan mobil idaman keluarga Indonesia...

    BalasHapus